Berlin, wilayah kecil Mitte: Selusin orang campuran usia duduk di sebuah ruangan yang penuh dengan komputer dan bermain Minecraft. Tujuannya adalah untuk mempelajari apa permainan open source dapat digunakan. Para peserta dipandu oleh seorang karyawan dari pusat pelatihan WeTeK, yang akan menunjukkan kepada mereka cara menggunakan permainan komputer untuk bekerja dengan orang muda. Laporan EURACTIV.de.
Kelas Minecraft adalah bagian dari proyek pendidikan media untuk pendidik sosial yang ditawarkan oleh WeTeK, sebuah proyek yang berbasis di Berlin, dengan pendanaan dari Dana Sosial Eropa (ESF).
ESF membiayai lebih dari 600 proyek pada kualifikasi, integrasi, budaya dan memerangi pengangguran kaum muda di Berlin. Dalam periode pendanaan ESF saat ini (2014-2020), Bundesland Berlin memiliki sekitar € 215 juta.
Pendidikan media di WeTeK bertujuan untuk memberikan keterampilan digital kepada pengasuh anak dan remaja. Siapa pun yang bekerja di pusat penitipan anak, sekolah atau dengan orang muda dalam kehidupan berbantuan harus memahami generasi penduduk asli digital serta bagaimana mereka menggunakan media.
Lagipula, sulit untuk mengajari anak-anak cara menggunakan media digital secara bertanggung jawab jika pengetahuan teknologi mereka sendiri tidak mencukupi.
Komputer dan telepon seluler dapat digunakan dalam banyak cara untuk bekerja kreatif dengan anak-anak, terutama di kelas: “Saat ini sangat penting untuk mengajarkan keterampilan media kepada anak-anak. Tetapi orangtua mana yang duduk dan berkata: hari ini kita akan membuat podcast. Inilah mengapa kami melatih peserta kursus komputer kami, ”jelas Steffi Winkler, koordinator kelas media.
Tetapi proyek ini jauh lebih banyak, ia menggarisbawahi: “Para pendidik juga harus dapat mengajari anak-anak hal-hal, misalnya bagaimana membuat presentasi PowerPoint yang baik atau bagaimana meneliti informasi dengan benar; bahwa ada lebih banyak klik daripada tiga yang pertama di Google. "
Oleh karena itu, proyek ini menawarkan beragam program: mulai dari perangkat lunak pengeditan audio dan video hingga kursus pidato kebencian atau model peran perempuan di internet. Seberapa banyak pendidik pengetahuan media sering bergantung pada usia - dan perbedaannya besar.
“Pendidik dan guru yang lebih tua sering kali harus belajar bahwa game komputer tidak selalu buruk, bahkan game pemotretan. Orang-orang muda, di sisi lain, tahu hal-hal semacam itu; mereka lebih memilih untuk tetap memperhatikan konsumsi media anak-anak, ”jelas Gordon Schmid dari layanan konseling kecanduan permainan komputer Caritas di Berlin.
Media penyalahgunaan dan hyperconnectedness adalah poin penting dalam pekerjaan pedagogis saat ini, ia menggarisbawahi. Hari ini, 81 persen anak usia sepuluh hingga sebelas tahun menjelajahi Internet beberapa kali seminggu, menurut Institut Sentral Internasional untuk Pemuda dan Televisi Pendidikan (IZI).
Pendidik dengan demikian diperlukan untuk mengenali perilaku media yang tidak sehat dan untuk menghadapinya pada waktunya.
“Pada akhirnya, ini juga tentang rasa hormat dan pengertian antara pengasuh dan orang muda. Misalnya, pendidik perlu memahami bahwa permainan komputer penting [bagi para pemuda] dan bahwa Anda tidak dapat selalu berhenti tepat di tengah tetapi Anda harus menyelesaikan putaran terlebih dahulu. Anda tidak akan memanggil anak di luar lapangan di tengah pertandingan sepakbola. Ini tentang memahami prioritas anak-anak, "Schmid percaya.
Pendidikan media WeTeK, oleh karena itu, mengajarkan pendidik untuk menggunakan permainan komputer dan Internet sebagai tambahan kreatif dalam pekerjaan mereka dengan anak-anak dan orang muda. Hampir 50.000 pelajaran telah diberikan sejak awal proyek pada tahun 2016, dan lebih dari 1.300 guru telah dilatih secara gratis.
Proyek media dibiayai dalam bagian yang sama oleh Bundesland Berlin dan ESF. Project Manager Steffi Winkler mengingat kembali bahwa mengajukan permohonan untuk pendanaan UE - yang dikhawatirkan karena ukuran dan ruang lingkupnya - seperti menulis tesis doktoral, terutama mengenai isinya, karena konsepnya harus disajikan dengan sangat jelas.
Namun, proyek itu tidak akan terjadi di tempat pertama tanpa ketersediaan dana Uni Eropa, Winkler menekankan.
Pendanaan ini telah memungkinkan WeTeK menciptakan penawaran yang sangat penting: “Guru harus tahu cara mendekati anak atau orang muda. Anda harus mengambil di mana Anda dapat menjangkau anak - dan hari ini, itu ada di komputer atau ponsel. "
Tidak ada komentar:
Posting Komentar